Bermain golf dipercaya dapat meningkatkan harapan hidup, menyembuhkan penyakit kronis dan mengurangi risiko masalah kesehatan mental.

Penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine juga menemukan olahraga memiliki manfaat kesehatan fisik dan mental bagi orang-orang dari segala usia, jenis kelamin dan latar belakang.

Para peneliti di Universitas Edinburgh mengulas 5.000 studi mengenai golf dan memperpanjang usia untuk membangun gambaran manfaat kesehatan olahraga, serta kelemahannya.

Peneliti utama Dr Andrew Murray, dari pusat penelitian kesehatan mengenai aktivitas fisik mengatakan, semua orang tahu bahwa aktivitas fisik moderat dengan bermain golf dapat meningkatkan harapan hidup dalam hal ini memperpanjang usia.

Selain itu, bermain golf juga memiliki manfaat kesehatan mental dan dapat membantu mencegah dan mengobati lebih dari 40 penyakit kronis seperti serangan jantung, stroke, diabetes, kanker payudara dan kanker usus besar.

"Bukti menunjukkan pegolf hidup lebih lama daripada non-pegolf, menikmati perbaikan kadar kolesterol, komposisi tubuh, meningkatkan percaya diri dan harga dirinya," tulis Murray seperti dilansir dari Dailyrecord, Kamis (6/10/2016).

"Mengingat bahwa olahraga ini dapat dimainkan oleh anak muda hingga orang tua. Ini menunjukkan berbagai manfaat kesehatan untuk orang-orang dari segala usia," lanjutnya.

Kajian ini menemukan manfaat fisik dari peningkatan golf dengan usia karena meningkatkan keseimbangan dan daya tahan otot pada orang tua.

Sebuah permainan golf juga dapat membantu pemain memenuhi dan melampaui rekomendasi untuk aktivitas fisik moderat yang kuat.

Studi ini menemukan, pegolf biasanya membakar setidaknya 500 kalori dari 18 hole karena dapat menjelajahi 4 hingga 8 mil.

Peningkatan paparan sinar matahari dan udara segar juga menambah manfaat. Sedangkan, aspek fisik golf juga bisa membantu mengurangi risiko kecemasan, depresi dan demensia.

Studi ini merupakan bagian dari Golf & Health Project, yang dipimpin oleh World Golf Foundation. Duta sekaligus juara umum golf, Padraig Harrington, mengatakan baginya menjadi sehat dan bahagia adalah kunci untuk menikmati permainan.

"Saya telah melihat bagaimana golf berdampak pada kesejahteraan manusia. Sekarang saatnya untuk menyampaikan pesan ini ke luar," kata Harrington.

Sesama duta golf, Annika Sorenstam, mengatakan hidup sehat merupakan topik yang sangat dekat dengan dirinya, terutama ketika berupaya mendidik generasi berikutnya.

"Saya sangat percaya bermain golf membantu orang tetap fit, aktif dan sehat," pungkas Sorenstam.

 

sumber : https://lifestyle.okezone.com/